RSS
Post Icon

MAP (Mass Air Preasure)


MAP (Mass Air Preasure)
MAP Sensor berfungsi mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam silinder berdasarkan tekanan udara pada intake manifold. MAP Sensor digunakan pada EFI-D. Sensor ini sering disebut Pressure Intake Manifold sensor (PIM) atau Vacuum sensor. Data dari MAP Sensor sebagai dasar untuk menentukan jumlah injeksi dan saat pengapian. Kelebihan utama MAP Sensor dibandingkan air flow meter dalam mengukur jumlah udara adalah komponen mekanis lebih sedikit, tidak terpengaruh terhadap kebocoran pada manifold dan perubahan tekanan udara luar.
Gambar
MAP Sensor merupakan piezoresistive silicon chip yang nilai tahanannya berubah akibat perubahan tekanan dan sebuah Integrated Circuit (IC). MAP Sensor dihubungkan ke intake manifold menggunakan selang. Semakin besar kevakuman (semakin rendah tekanan) pada intake manifold maka tahanan pada MAP Sensor lebih tinggi, sehingga tegangan output MAP Sensor semakin kecil. Apabila tekanan negatif intake air manifold tinggi, tegangan output pada MAP Sensor menjadi rendah, sehingga PCM menganggap (menentukan) volume udara adalah kecil dan mengurangi (menurunkan) volume fuel jet. Apabila tekanan negatif intake manifold rendah, tegangan output pada MAP sensor akan menjadi tinggi, sehingga PCM menganggap volume udara masuk intake manifold besar, dan menaikan volume injeksi bahan bakar. Rangkaian kelistrikan MAP Sensor pada unit mobil Timor adalah sebagai berikut :
Gambar
Pada MAP Sensor tersebut terdapat 3 terminal yaitu C B A.
  1. Terminal A sebagai terminal catu daya dengan tegangan 5 V.
  2. Terminal B merupakan signal variabel tegangan yang mengambarkan perubahan tekanan udara pada intake manifold.
  3. Terminal C sebagai terminal massa.
Pemeriksaan MAP Sensor dengan melakukan pengukuran tegangan pada terminal MAP Sensor. Pemeriksaan tegangan antara terminal A – C adalah sebesar 4 – 5 Volt. Pemeriksaan tegangan antara terminal B – A besarnya adalah sesuai dengan besarnya kevakuman pada intake manifold.
Gambar
Deskripsi Sirkuit dari MAP Sensor
v  Kabel penyuplai 5V DC (Kabel No. 1)
v  Kabel Sinyal MAP Sensor (Kabel No.2)
v   Kabel Ground/Massa (Kabel No. 3)

Komponen sensor Manifold Apsolute Pressure (MAP)

Bagaimana jika terjadi trouble pada sensor MAP dan apa tandanya
v   Lampu "Check Engine" menyala pada dashboard
v  DTC P0107 : MAP Sensor Circuit tegangan rendah
v  DTC P0108 : MAP Sensor Circuit Tegangan Tinggi
v  Idle Kasar
v  Bau asap knalpot tak sedap (seperti bau telur busuk)
v  Gagal dalam uji emisi
v  Akselerasi buruk
v  Mesin tidak ada tenaga
v  Mesin sulit dihidupkan, bisa hidup
            tapi harus distart lama
v  Mesin bergelombang
v  Bahan bakar boros
v  Terjadi detonasi/Ledakan pada mesin
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar