RSS
Post Icon

Mass Air Flow

Mass Air Flow

1. Pengertian   
            MAF adalah sensor yang dipasang pada saluran udara antara filter dan intake maniflod Fungsi utama MAF sensor adalah untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar melalui konversi aliran udara menjadi sinyal tegangan yang akan dikirim ke ECU atau ECM . Air flow sensor terletak tepat di aliran udara masuk, antara filter udara dan bagian thorttle tempat yang dapat mengukur udara yang masuk.
            Di dalam MAF sensor terdapat komponen heater, komponen ini menyerupai strika yang di set dengan panas tertentu, kemudian panas yang di hasilkan heater akan di tiup angin, besarnya angin yang masuk menentukan perpindahan panas dari heater ke thermistor. Thermistor akan menghasilkan sinyal berdasarkan banyaknya panas yang di terima dari heater melalui aliran udara, semakin panas thermistor, maka semakain tinggi output Voltage nya. 
2.  Jenis-jenis Mass Air Flow
1.      MAF sensor tipe hot-wire
            Pada MAF sensor tipe ini, terdapat kawat kecil yang dipanaskan menggunakan aliran listrik dan sensor suhu yang sangat kecil ditempatkan di dekat kawat panas tersebut.  Sensor suhu ini mengukur suhu udara di dekat kawat panas tersebut. Perubahan suhu ini akan mengindikasikan seberapa banyak udara yang mengalir atau masuk ke ruang bakar. Sebuah chip elektronik yang sangat kecil dipasang di dalam sensor aliran udara, fungsinya mengkonversi volume udara yang mengalir menjadi sinyal untuk dikirim ke ECU. ECU menggunakan sinyal tersebut untuk menghitung jumlah bahan bakar yang perlu diinjeksikan ke dalam ruang bakar.
2.      Vane Air Flow Meter
The Vane Air Flow Meter menyediakan ECM dengan ukuran yang akurat dari beban ditempatkan pada mesin. ECM menggunakannya untuk menghitung durasi injeksi dasar dan sudut pengapian muka dasar.
3.      Karmen Vortex Air Flow Meter
Meteran aliran udara ini menyediakan jenis informasi yang sama (volume udara intake) sebagai Vane Air Flow Meter.

3.  MAF berdasarkan kontruksinya
1.    Measuring Plat Type
            Sensor ini terdiri dari plat pengukur, pegas pengembali dan potensiometer. Udara yang masuk ke intake air chamber akan dideteksi dengan gerakan membuka dan menutupnya plat pengukur. Plat pengukur ini ditahan oleh sebuah pegas pengembali. Sudut membukanya plat pengukur akan merubah nilai tahanan potensiometer.
2.    Measuring Core Type
            Sensor ini mendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dan mengirim informasi ke ECM sebagai sinyal voltase. Measuring core bergerak kearah samping sebanding dengan jumlah udara yang masuk. Pada posisi tersebut atau jumlah udara yang masuk dideteksi oleh potensiometer yang dipasang pada measuring core.Pada type ini, sensor jumlah udara masuk menjadi satu unit dengan sensor temperature udara masuk. Voltase referensi 5 volt dari ECM digunakan pada sensor jumlah masuk dan sensor temperature udara masuk.
3.     Heat resistor type
            Semua jenis kendaraan efi. Head resistor mempunyai sifat dapat berubah nilai tahanannya apabila temperature di permukaan resistor berrubah. Perubahan temperature pada permukaan resistor diakibatkan oleh gerakan aliran udara yang melewati permukaan heat resistor.

C.  Diagnosis
            MAF melibatkan pemeriksaan visual, sirkuit, dan komponen. MAF sensor bagian harus bebas dari puing-puing untuk beroperasi dengan baik. Jika bagian ini terpasang, mesin biasanya akan mulai, tapi menjalankan buruk atau kios dan tidak menetapkan DTC. Jika terjadi kerusakan pada MAF sensor, indikator check engine  atau MIL (malfuntion indicator lamp) menyala.  MAF sensor yang rusak tidak akan dapat mengukur jumlah aliran udara dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah pada mobil, paling sering itu adalah lost power (kehilangan tenaga), starter susah hidup (terutama ketika mesin dingin) dan perpindahan gigi yang abnormal (pada mobil transmisi otomatis). Dalam kasus lain, mobil mungkin menjadi boros dan asap gas buang knalpot menjadi hitam.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

abraheemvaccari mengatakan...

Yggdrasil – the world's first casino - Yogonet
Yggdrasil titanium curling wand is a 벳 매니아 mythical titanium jewelry tree which connects the Nine Worlds titanium nitride coating and the Mundane Worlds. The world titanium trimmer as seen on tv tree itself is a gargantuan

Posting Komentar